Review Realme 9 – Handphone Terjangkau Berkamera 108 MP

by

Buat bersaing di bagian hp kategori menengah dengan harga terjangkau, realme 9 dengan cara sah sudah dikeluarkan di Indonesia.

realme 9 muncul dengan sokongan multi kamera yang terdiri dari 3 kamera balik serta satu kamera depan buat mempermudah konsumennya berkarya serta mendokumentasikan momen berartinya dalam gambar.

Fitur ini pula ikut mempunyai baterai jumbo serta fitur pengisian energi kilat. Sementarauntuk mendukung kemampuan yang mudah, realme 9 telah dibekali dengan RAM serta penyimpanan berkapasitas besar.

Kesimpulan

Realme 9 ialah salah satu hp kategori menengah yang aman dipakai dalam tradisi setiap hari sebab mempunyai energi kuat lama, kemampuan mudah buat aplikasi, serta kamera beresolusi besar.

Selaku hp era saat ini, realme 9 telah dibekali dengan layar yang penuhi bagian depan komplit dengan lubang di bagian kiri atas yang berperan dalam menaruh kamera selfie.

Dengan layarnya yang besar serta memiliki luas 6, 4 inci, aku bisa menikmati hiburan semacam memainkan permainan, menyaksikan film, ataupun memandang gambar dengan lebih lapang.

Sedangkan teknologi Luar biasa AMOLED sanggup membuat layar realme 9 menunjukkan konten yang runcing serta jelas. Terlebih aku sedang bisa memandang konten meski terletak pada situasi di dasar amat sinar mentari sekalipun.

Aksi peralihan perpindahan dampingi menu ataupun aplikasi pada layar terasa lembut sebab hp ini mensupport refresh rate 90Hz. Ada pula fitur Adaptive Refresh Rate yang membolehkan layar bisa membiasakan refresh rate terkait konten yang lagi diamati.

Pada hp ini pula ada opsi buat mengganti refresh rate layar ke 60Hz yang lebih irit dalam mengkonsumsi tenaga alhasil bisa membuat baterai kuat lebih lama dibanding memakai refresh rate 90Hz.

Sedang pada bagian depannya, ada pemeriksaan fingerprint pas di dalam layarnya. Sistem pada realme 9 memperbolehkan aku buat mencocokkan sampai 5 periksa jemari berlainan buat berawas- awas bila periksa jemari penting lagi kotor alhasil bisa memakai periksa jemari yang lain buat membuka kunci layar dengan kilat.

Pada dikala aku memakainya dalam kegiatan tiap hari, pemeriksaan fingerprint sanggup mengetahui periksa jemari aku dengan responsif. Sedangkan fitur biometrik lain semacam fitur Face Unlock cuma memperbolehkan satu wajah saja buat didaftarkan pada sistem.

Aku sendiri merasa kalau fitur Face Unlock bisa mengetahui wajah aku dengan bagus alhasil memesatkan awal kunci layar tanpa butuh memasukkan password, Jarum semat, ataupun Pattern serupa sekali.

Berpindah ke bagian belakangnya, aku memandang realme 9 menawarkan bagian cover berbahan polikarbonat dengan finishing matte. Bertepatan aku sendiri berpeluang buat mencicipi realme 9 versi warna Meteor Black.

Warna Meteor Black sendiri membagikan opini gelap yang elok dimana hendak menunjukkan dampak nuansa dari bagian hitam ke jelas yang menarik kala ditatap oleh mata. Sayangnya bagian belakangnya sedang bisa sedikit membekuk bercak sisa periksa jemari ataupun tertempel abu.

Buat seperti itu aku langsung mencocokkan Softcase bawaan yang muncul dalam boks pemasaran pada realme 9. Sedangkan ketebalan 7, 99mm, berat 178 gr, serta lengkungan di bagian tepi kiri dan kanan bagian belakangnya membuat hp ini aman kala digenggam dengan satu tangan.

Pada bagian dasar realme 9 ada port jack audio 3, 5mm, port USB Type- C, serta lubang speaker. Sedangkan tombol daya muat, slot kartu SIM, dan microSD terletak pas di sisi kirinya. Buat tombol power muncul di sisi kanannya.

Pertanyaan hal fotografi, realme 9 muncul dengan 3 kamera balik yang memiliki campuran kamera penting 108 MP, ultrawide 8 MP, serta besar 2 MP. Dengan cara bawaan, kamera penting produk ini hendak menciptakan gambar beresolusi 12 MP sebab adanya teknologi 9- in- 1 pixel binning yang pastinya bisa memperkenalkan mutu baik, paling utama rupanya yang energik.

Tetapi aku juga bisa menciptakan gambar beresolusi yang lebih besar dengan memakai fitur 108 MP yang muncul pada aplikasi kamera bawaan realme 9. Perihal yang sangat melainkan antara gambar 108 MP serta 12 MP bisa diamati pada detailnya.

Gambar 108 MP memiliki perinci yang lebih besar dibanding 12 MP. Tetapi bila diamati dari alat berdimensi kecil semacam layar hp, hingga tidak nampak perbedaannya. Buat seperti itu aku melaksanakan crop ataupun penyembelihan bagian khusus supaya dapat menampilkan perbandingan di antara kedua gambar itu.

Hasilnya nampak kalau perinci dari gambar 108 MP lebih besar dibanding gambar 12 MP. Hingga dari itu gambar 108 MP sesuai dipakai buat gambar yang dicetak pada alat berdimensi besar semacam papan iklan, billboard, ataupun slogan.

Tetapi gambar 12 MP dari realme 9 mempunyai mutu yang baik alhasil sedang bisa dicetak pada dimensi kertas gambar ataupun dibagikan pada sahabat ataupun orang lain lewat jejaring sosial.

Buat kamera ultrawide bisa menciptakan gambar dengan zona yang besar. Sedangkan kamera besar realme 9 bisa dipakai buat membidik obyek dari jarak dekat dengan hasil gambar yang sedang dirasa lumayan baik.

Ada pula fitur Bokeh Flare Portrait pada realme 9 yang membolehkan subyek pada gambar nampak nyata, tetapi kerangka balik jadi kabur dengan pola bundar. Sedangkan fitur Dynamic Bokeh bisa menciptakan gambar dengan dampak kabur energik semacam subyek lagi beranjak.

Kamera depan 16 MP bisa menciptakan gambar selfie yang mempunyai wajah lembut dengan mutu bagus serta bisa pula memakai dampak bokeh. Sokongan Night Bentuk bisa membuat gambar malam hari pada kamera depan serta belakangnya lebih jelas dan sedikit noise diibandingkan memakai Auto Bentuk.

realme 9 diotaki chipset Qualcomm Snapdragon 680( 6nm) Octa- Core 2, 4 GHz. Sedangkan itu, aku memakai hp dengan versi RAM 8 GB serta penyimpanan dalam 128 GB.

Ada pula sokongan DRE( Dynamic RAM Expansion) yang membolehkan peminjaman kapasitas kosong penyimpanan dalam dengan opsi 2 GB, 3 GB, ataupun 5 GB. Dengan sedemikian itu, hp yang aku maanfaatkan bisa mempunyai RAM dengan kapasitas keseluruhan menggapai 13 GB.

Di atas kertas, campuran detail perangkat keras ini sanggup melaksanakan sistem dari realme 9 dengan mudah. Buat mengenali kemampuan yang dipunyai oleh hp ini, aku juga mengujinya dengan melaksanakan beraneka ragam aplikasi buat kegiatan tiap hari semacam telepon, SMS, email, jejaring sosial, chat, pemutar nada, serta film streaming.

Hasilnya, realme 9 sanggup melaksanakan aplikasi dengan cara multitasking dengan mudah. Pada langkah berikutnya, aku juga melaksanakan sebagian permainan terkenal semacam Arena of Valor, Mobile Legends, Pokemon Unite, serta Call of Duty Mobile.

Arena of Valor, Mobile Legends, serta Pokemon Unite ialah permainan berjenis MOBA( Mobile Online Battle Arena) yang sudah banyak dimainkan. Ketiga permainan ini sanggup dijalani dengan mudah meski memakai seperangkat grafis serta frame rate besar.

Tetapi sistem pada Call of Duty Mobile cuma memperbolehkan pengaturan grafis Very High+ frame rate biasa ataupun grafis Low+ frame rate High supaya permainan bisa berjalan dengan mudah buat membagikan pengalaman yang aman. Sedangkan tombol virtual arah serta tembakan bisa dikendalikan dengan wajar.

Tidak tertinggal, aku juga ikut melaksanakan pengetesan dengan aplikasi AnTuTu Benchmark V9. 3. 5 yang memperoleh angka menggapai 287. 328 nilai. Sedangkan pada pengetesan dengan Geekbench 5. 4. 4, produk ini memperoleh angka 380 nilai buat Single- Core serta 1. 541 nilai buat Multi- Core.

Bersumber pada totalitas pengetesan mulai dari melaksanakan aplikasi tiap hari, memainkan permainan terkenal, serta aplikasi benchmark, nampak kalau realme 9 mempunyai penampilan yang bisa bersaing dengan hp pesaing di kategori yang serupa.

realme 9 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5. 000 mAh yang diklaim realme sanggup bertahan lama dalam konsumsi wajar. Buat meyakinkannya, aku sendiri langsung memakai aplikasi benchmark bernama PCMark for Android.

Pada dikala pengujiannya, aku memakai patokan bentuk Work 3. 0 battery life pada PCMark for Android, baterai yang dari situasi 100%, serta tingkatan kecerahan layar pada 50%.

Dalam pengetesan ini, realme 9 memperoleh angka 15 jam 54 menit kala mengenakan layar dengan refresh rate 90Hz. Sedangkan pada layar dengan refresh rate 60Hz, fitur ini mendapatkaan angka PCMark for Android yang menggapai 18 jam 44 menit.

Tetapi pada pemakaian tiap hari, aplikasi AccuBatery mencatatkan durasi Screen on time 6 jam 25 menit dari situasi 100% ke 19% pada layar dengan refresh rate 90Hz. Sedangkan pada dikala layar memakai refresh rate 60Hz, AccuBattery menampilkan durasi Screen on time 6 jam 16 menit dari situasi 100% ke 9%.

Dari hasil di atas, nampak kalau refresh rate 90Hz lebih abur komsumsi energi dibanding dengan refresh rate 60Hz. Tetapi senantiasa saja durasi bertahan dari realme 9 dapat dikatakan lama.

Ada pula fitur 33W Dart Charge yang muncul pada fitur ini sanggup memuat energi dengan kilat dimana buat pengisian energi baterai dari 19% ke 100% bisa dicoba dalam durasi 1 jam 11 menit ataupun 71 menit.

Selaku hp yang lahir di tahun 2022, realme 9 telah dilengkapi dengan realme UI 3. 0 berbasiskan Android 11 yang memiliki bentuk antarmuka simpel yang mempermudah aku dalam melaksanakan pelayaran dampingi menu ataupun aplikasi.

Sistem pembedahan perubahan pada realme 9 mempunyai sebagian fitur yang kerap aku maanfaatkan semacam Split Screen, App cloner, serta Dark Bentuk. Split Screen mempermudah aku buat melaksanakan kegiatan multitasking sebab bisa melaksanakan 2 aplikasi dalam satu layar sekalian.

Misalnya aku melaksanakan film YouTube sekalian melaksanakan chat WhatsApp pada realme 9. Sedangkan App cloner mempermudah aku memasukkan 2 akun alat sosial sekalian sebab fiturnya bisa menduplikasi aplikasi di hp.

Ada pula Dark Bentuk ialah fitur yang kerap aku maanfaatkan sebab bisa membuat kerangka dari sistem ataupun aplikasi jadi hitam alhasil membagikan kenyamanan kala memandang konten pada situasi gelap ataupun malam hari.

Sehabis konsumsi sebagian pekan, aku merasa kalau realme 9 sanggup mendampingi aku dalam melaksanakan kegiatan tiap hari, paling utama berkah energi kuat baterai lama serta penampilan mudah.

Ada pula kamera kuncinya memiliki pernyataan besar menggapai 108 MP alhasil bisa dengan hening kala mengecap fotonya dalam alat berdimensi besar. Hp ini juga memiliki layar berteknologi Luar biasa AMOLED serta zona yang besar alhasil membuat aku aman kala menikmati konten visual.

Walaupun mempunyai warna yang menarik, tetapi bercak periksa jemari serta abu sedang bisa melekat pada bagian belakangnya. Buat seperti itu hendaknya langsung memakai softcase bawaan supaya bisa mencegah bagian balik.

Tetapi fitur ini tidak dibekali dengan pemeriksaan NFC, sementara itu hp saingan di kelasnya telah dibekali fitur ini sebab bisa menolong pembayaran digital ataupun pengisian kartu e- money.

Bila aku ke Jakarta memakai Commuter Line, umumnya sangat kerap aku memuat kartu emoney langsung dari hp sebab efisien tidak butuh mengantri di supermarket ataupun ATM.

Dengan harga yang menggapai Rp 3. 599. 000, aku rasa realme 9 sedang dapat jadi opsi untuk kalian yang membutuhkan hp dengan energi kuat lama meski sedang mempunyai sedikit kekurangan.

Sumber :