Ketahui Cara Settingan Lovebird Untulan untuk Kontes

by

Apakah anda sedang mencari informasi burung Lovebird untalan untuk diikutkan kontes? Pada kesempatan kali ini kami membahas mengenai cara setingan burung tersebut supaya lebih terlihat agresif dan suara kicauannya tidak pernah berhenti.

Pecinta Lovebird pasti mengetahui bahwa burung ini memiliki jiwa sosial yang cukup tinggi. Jika dipelihara sendirian, burung ini mudah stres dan tidak mau berkicau. Maka jangan heran jika sebagian besar orang memeliharanya dalam jumlah banyak sekaligus.

Namun demikian, pada saat mengikuti lomba pastinya harus sendirian. Karena penilaian kontes dilakukan secara individu. Maka dari itulah dibutuhkan setingan untalan supaya burung tetap bersemangat meski tidak memiliki pasangan dalam satu sangkar.

Carikan Pasangan yang Tepat

Cara yang pertama tentu dengan mencarikan pasangan terlebih dahulu. Burung Lovebird akan lebih bersemangat jika memiliki pasangan yang pas. Usahakan tidak hanya sementara, anda bisa menjadikan pasangan tersebut selamanya atau dijodohkan.

Cara ini berlaku bagi semua jenis burung, artinya baik itu jantan maupun betina. Namun ada yang perlu diperhatikan, usahakan pasangan yang dimaksud tidak lebih agresif. Pasalnya, bisa jadi burung justru merasa minder jika kalah agresif dari pasangannya.

Mandikan Sebelum Lomba

Pastikan anda memandikannya sebelum ikut lomba supaya badannya lebih segar. Proses memandikan ini juga harus dilakukan bersama pasangannya. Tidak harus dalam satu kandang atau satu sangkar, anda bisa memisahkannya namun tetap didekatkan.

Dalam memandikannya, usahakan semua bagian tubuh basah kuyup. Cara memandikan burung yang paling bagus adalah dengan menyemprotnya dari jarak jauh. Gunakan spray yang menyebar supaya tidak menyakiti burung yang justru bisa membuatnya stress.

Namun jika jarak antara lomba dengan memandikan sangat dekat, sebaiknya tidak dilakukan. Maksudnya, anda tidak perlu memandikan burung jika ternyata waktunya tidak cukup untuk membuatnya kembali kering.

Penjemuran di Hari H

Setelah dimandikan, jangan lupa menjemur nya dibawah sinar matahari. Ini dilakukan jika kontes diadakan di pagi hari. Namun jika kontes digelar di sore hari, anda harus tetap menjemur nya. Jangan di siang hari, namun di sore ketika matahari tidak terlalu terik.

Proses penjemuran ini tidak perlu lama-lama, yang penting Lovebird merasa lebih sehat dan bugar. Durasi yang paling bagus untuk proses penjemuran adalah 10 hingga 15 menit. Selama proses ini, anda tidak boleh menutupnya dengan kerodong atau sejenisnya.

Pemisahan Pasangan

Proses terakhir dan paling penting adalah pemisahan pasangan ketika akan dilombakan. Jangan memisahkan burung dari rumah, namun di tempat perlombaan. Hal ini bertujuan supaya burung tidak kaget dan menyebabkan stress.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai cara setingan Lovebird untuk persiapan lomba. Meski cara ini tidak mutlak dan tidak 100% berhasil karena kondisi burung berbeda-beda, namun setidaknya anda bisa mencoba untuk membuktikannya.