Sukeskan Raker dan Sosialisasi Anggaran IAIN Antasari Tahun 2014
Mencari Putusan Pengadilan Dilombakan

Sejumlah Fakultas Syariah dan Hukum di Indonesia, termasuk di antaranya Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Antasari menyelenggarakan lomba men...

Kunjungan DPRD Tabalong

IAIN Antasari mendapat kunjungan resmi dari unsur DPRD Tk I, Bappeda, DikBud & Kemenag Kabupaten Tabalong, Senin, 20 Januari 2014. Kunjungan dalam ...

IAIN Antasari Beri Bantuan Hukum

Senin, (6/1/2014) secara simbolis untuk yang ketiga kalinya Pengadilan Agama Kelas 1A Banjarmasin melakukan penandatangan perjanjian kerjasama / Mo...

Bank Syariah Antasari, Laboratorium Perbankan Syariah Pertama di Kalsel

Sumber Subbag Publikasi, Dokumentasi dan Kehumasan menyebut bahwa laboratorium perbankan syariah di IAIN Antasari menjadi laboratorium perbankan sy...

Pengumuman

Pendaftaran Ulang Semester Genap TA 2013…

03-01-2014

Kepada seluruh Mahasiswa IAIN Antasari Banjarmasin baik Mahasiswa Program Sarjana Strata Satu (S1) maupun Program...

Read more
Wednesday, 25 July 2012 10:56

Tingkatkan Penelitian, IAIN Adakan Workshop

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Kualitas dan kuantitas penelitian di Indonesia relatif masih tertinggal dari beberapa negara di Asia. Ketertinggalan ini tampaknya ikut disumbang oleh masih belum optimalnya publikasi penelitian para peneliti di Indonesia. Betapa tidak, beberapa sumber menyebutkan bahwa kuantitas publikasi penelitian ilmiah kita di Jurnal Internasional masih rendah.     

Menurut PR III IAIN Antasari Prof. Dr. H. Mahyuddin Barnie, MA, menulis penelitian itu sebenarnya mudah meskipun sebenarnya juga sulit. Mudah kalau dipraktikkan, dan sulit bila hanya diteorikan saja. "Meskipun ikut seribu kali pelatihan dan workshop, kalau tidak dipraktikkan maka tulisan atau penelitian tidak akan jadi-jadi," ujarnya.  

Dalam sambutannya mewakili Rektor IAIN Antasari pada Workshop Metodologi Penelitian Mahasiswa IAIN Tahun 2012 (17/7), PR III menyampaikan pentingnya kesiapan civitas akademika dalam menghadapi upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas output perguruan tinggi salah satunya melalui kebijakan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi terkait kewajiban publikasi jurnal ilmiah sebagai syarat kelulusan baik S-1, S-2, dan S-3.

Terlepas dari nasib dan kontroversinya hingga saat ini, PR III menekankan bahwa kebijakan ini mesti dilihat secara positif karena secara substantif, itu diupayakan demi meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian di Indonesia. Harapannya, meningkatnya publikasi penelitian akan bergaris lurus dengan indeks pembangunan pendidikan.     

Workshop secara resmi dibuka oleh PR III mewakili Rektor IAIN Antasari. Acara pembukaan yang berlangsung di Aula Rektorat ini turut dihadiri oleh Dekan Fakultas Tarbiyah Dr. Hidayat Ma'ruf, M.Pd, Pudek Fakultas Ushuluddin, Drs. H. Ahmad Zamani, M.Ag dan Kabag Mikwa, Drs. H. Sofyan Noor, M.Si.

Kasub Bag. Kemahasiswaan, H. Haris Fadilah, M.Pd.I menyampaikan harapannya agar kegiatan yang rencananya akan berlangsung selama 3 hari dan diikuti oleh 30 mahasiswa perwakilan setiap fakultas ini dapat menghasilkan output berupa atmosfir dan semangat penelitian di kalangan mahasiswa dan terwujudnya kemitraan penelitian antara mahasiswa dan dosen. (Humas/mhm).   


 

Read 7237 times Last modified on Wednesday, 25 July 2012 11:29

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.


Anti-spam: complete the task
You are here: Home Tingkatkan Penelitian, IAIN Adakan Workshop