Sukeskan Raker dan Sosialisasi Anggaran IAIN Antasari Tahun 2014
Mencari Putusan Pengadilan Dilombakan

Sejumlah Fakultas Syariah dan Hukum di Indonesia, termasuk di antaranya Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Antasari menyelenggarakan lomba men...

Kunjungan DPRD Tabalong

IAIN Antasari mendapat kunjungan resmi dari unsur DPRD Tk I, Bappeda, DikBud & Kemenag Kabupaten Tabalong, Senin, 20 Januari 2014. Kunjungan dalam ...

IAIN Antasari Beri Bantuan Hukum

Senin, (6/1/2014) secara simbolis untuk yang ketiga kalinya Pengadilan Agama Kelas 1A Banjarmasin melakukan penandatangan perjanjian kerjasama / Mo...

Bank Syariah Antasari, Laboratorium Perbankan Syariah Pertama di Kalsel

Sumber Subbag Publikasi, Dokumentasi dan Kehumasan menyebut bahwa laboratorium perbankan syariah di IAIN Antasari menjadi laboratorium perbankan sy...

Pengumuman

Pendaftaran Ulang Semester Genap TA 2013…

03-01-2014

Kepada seluruh Mahasiswa IAIN Antasari Banjarmasin baik Mahasiswa Program Sarjana Strata Satu (S1) maupun Program...

Read more
Monday, 16 July 2012 08:43

IAIN Antasari Ber-Isra Mi'raj Di Sungai Pembunuhan

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Dalam upaya aktualisasi Tri Darma Perguruan Tinggi: pengajaran, penelitian dan pengabdian, maka IAIN Antasari melalui Pusat Pengabdian Masyarakat (PPM) bekerjasama dengan pengurus Mesjid Sabilal Muslimin di Sungai Pembunuhan Desa Tinggiran Luar Kec. Tamban Barito Kuala melaksanakan kegiatan keagamaan yang bertepatan dengan peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW, Senin, 11 Juni 2012/21 Rajab 1433 H.

Acara tersebut selain dihadiri Rektor IAIN Antasari Prof. Dr. H. Akh. Fauzi Aseri, MA., Pembantu Rektor I Prof. Dr. H. Ahmad Khairuddin, M.Ag., serta rombongan IAIN lainnya, juga dihadiri oleh Bupati Barito Kuala, H. Hasanuddin Murad, SH serta Camat Tamban. Adapun penceramah dalam acara tersebut Drs. H. A. Husaini HA, M. Fil. I, Dosen Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari, dan qori Bapak Mulyadi S.Ag, S.Pd.

Dalam sambutannya, Bapak Rektor menyinggung bahwa kegiatan Isra Mi'raj adalah kegiatan rutin yang tidak pernah absen dilakukan oleh masyarakat Banjar. Seiring dengan ini, menurutnya, IAIN juga selalu berupaya memanfaatkan momen-momen seperti ini untuk melakukan aktivitas kerjasama dengan berbagai pihak demi aktualisasi Tri Darma Perguruan Tinggi termasuk dengan Pemerintah Barito Kuala. “Saya sangat bersyukur bahwa selama ini hubungan kerjasama antara IAIN Antasari dengan Pemerintah Barito Kuala berjalan dengan baik, bahkan ke depan diharapkan hubungan ini dapat terus terjalin dengan baik” ujarnya. Selanjutnya Fauzi Aseri mengatakan bahwa IAIN Antasari sebagai lembaga pendidikan tinggi Islam sedianya siap menghasilkan lulusan yang dapat berkontribusi dengan baik di masyarakat, yang menampilkan sosok muslim yang baik dan patut diteladani. ”Keteladanan inilah yang mesti dijadikan ukuran keberhasilan kita hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara” ungkapnya. Lebih lanjut ia menguraikan bahwa dalam konteks peristiwa Isra & Mi’raj, rahasia keteladanan Rasulullah itu adalah perjuangan. Rasulullah berjuang secara konsisten. Berjuang untuk mengamalkan dan menampilkan nilai-nilai Islam yang terkandung dalam al-Quran al-Karim.

”Peringatan Isra dan Mi’raj pada hari ini, sejatinya dapat mengisi semangat perjuangan Rasulullah Saw pada jiwa-jiwa kita. Pengisian inilah yang dapat disebut sebagai ’operasi spiritual’ (syaqq al-shadr)” tuturnya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Bupati Barito Kuala, H. Hasanuddin Murad, SH. menyambut hangat kedatangan rombongan IAIN Antasari. Bahkan beliau merasa sebagai bagian dari komunitas IAIN karena beliau juga pernah berkiprah di dunia akademik IAIN Antasari Banjarmasin tepatnya di Fakutas Syariah. Selanjutnya Hasanuddin mengingatkan seluruh masyarakat agar lebih sensitif dalam mendidik generasi saat ini sebab kemajuan arus teknologi dan informasi saat ini sangat sulit difilter (disaring). Ia juga menyampaikan fakta-fakta akan bobroknya moral generasi muda yang menjadi “korban” teknologi.

Di akhir acara, Bapak Bupati Barito Kuala menyerahkan bantuan sebanyak Rp. 25.000.000,- (Dua Puluh Lima Juta Rupiah) untuk kepentingan pembangunan Mesjid Sabilal Muslimin. Hal yang sama juga dilakukan oleh Rektor IAIN Antasari, dimana beliau menyerahkan sejumlah sajadah karpet sebanyak lima buah untuk kepentingan Mesjid Sabilal Muslimin.

Read 573 times Last modified on Tuesday, 17 July 2012 10:16

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.


Anti-spam: complete the task
You are here: Home IAIN Antasari Ber-Isra Mi'raj Di Sungai Pembunuhan