Powered by Translate
Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SPAN dan UM-PTKIN 2017
Hasil Ujian Tes CAT — 09/11/2016 pukul 12:00am
Kepegawaian — 08/11/2016 pukul 3:52pm
Register PNS IAIN Antasari 2015 — 10/09/2015 pukul 3:48am
Bimtek PAK Dosen 2015 — 27/05/2015 pukul 12:09am
DATA STATISTIK OKH — 11/05/2015 pukul 6:14am
PERATURAN DISIPLIN PNS — 14/04/2015 pukul 12:56am
UNDANGAN PENGARAHAN CPNS DOSEN 2014 — 27/03/2015 pukul 9:58am
Prospek Fakultas Dakwah dan Komunikasi
Filed Under: Rilis Berita Senin, 8 September 2014 pukul 18:46 WITA — Dilihat 5,611 kali
Bagikan Tulisan Ini
iir-communication-counts[1]

Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Antasari menggelar Stadium General di Aula IAIN, Jumat (5/9/2014). Ratusan mahasiswa dan puluhan dosen menghadiri acara tersebut.

Dengan tema “Prospek Juru Dakwah di Era Modern”, pihak fakultas mehadirkan pembicara dari Kepala Kanwil Kementrian Agama Provinsi Kalsel, Drs H Muhammad Thambrin MMPd. Kakanwil menjelaskan bahwa studi fakultas Dakwah dan Komunikasi memiliki arti yang sangat penting di masyarakat.

“Terlebih ada jurusan baru di tahun ini, yaitu Manajemen Dakwah. Ini menunjukkan bahwa fakultas ini mengalami kemajuan,” ucapnya.

Berbicara Manajemen Dakwah, ia mengatakan jurusan ini banyak diminati. “Dalam Manajemen Dakwah itu ada prodi tentang Haji dan Umroh. Kita tahu bahwa setiap bulan banyak orang yang ingin berumroh dan setiap tahun jutaan orang pergi haji,” ungkapnya.

Sehingga menurut Thambrin, butuh sumber daya manusia yang mampu memanajemen hal tersebut. “Tentunya mahasiswa lulusan Manajemen Dakwah yang mempunyai keahlian di bidang itu,” ungkapnya. “Bahkan di Kementerian Agama kami membutuhkan orang-orang di bidang tersebut,” tambahnya.

Sehingga setiap lulusan dari ilmu dakwah akan selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Terutama untuk menyiarkan agama.

Alumnus Fakultas Dakwah dan Komunikasi itu mengatakan, pihaknya membutuhkan banyak juru dakwah. Kemenag Kalsel memerlukan juru dakwah di bidang pengelolaan tempat ibadah dan majelis taklim. Selain itu juga bidang haji dan umrah serta bidang zakat dan wakaf juga membutuhkan ahli dakwah. “Ahli dakwah ini bukan hanya lihai dalam menyampaikan agama tetapi juga dalam hal berkomunikasi. Makanya ahli dakwah ini diperlukan,” tambahnya.

Selain itu banyaknya tempat ibadah juga memerlukan ahli dakwah. “Khusus untuk tempat ibadah berupa masjid di Kalsel tercatat sebanyak 4.000 masjid. Jumlah itu belum lagi tempat-tempat majelis taklim yang dibina Kemenag setempat,” lanjutnya.

Melihat kenyataan itu, menurut dia, pasti memerlukan sumber daya manusia (SDM) yang ahli dalam hal pembimbing, sosialisasi atau komunikasi dan manajemen. “Saya berkomitmen untuk menyampaikan ini ke Kemenag pusat dan mengusulkan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (KemenPAN) untuk disetujui formasi penerimaan CPNS bidang juru dakwah ini,” katanya.

Dekan Fakultas Dakwah sendiri, Dr Ahmad Sagir MAg, mengungkapkan sangat bersyukur atas kemajuan yang di alami fakultasnya. Manajemen Dakwah sendiri walaupun jurusan baru, namun peminatnya sudah banyak.

“Walaupun secara sosialisasi masih kurang, namun peminatnya cukup banyak, yaitu sekitar 40 mahasiswa baru yang masuk. Padahal ini jurusan baru, yang baru diresmikan tahun ini,” ungkapnya.

Dekan juga mengapresiasi Kanwil Kemenag Kalsel yang memberikan perhatian dan harapan baik kepada mahasiswanya.  (MHM).

  • KOMENTARI
  • DISKUSIKAN
  • TULISAN LAINNYA
  • TERPOPULER
  • BERITA LPM SUKMA
WANITA BERTASBIH
Diposting pada lembaga pers tanggal 9 September 2017 pukul 2:51 pm

Wanita berjubah hitam di wajahnya, selalu membawa ibadah dan doa setiap langkahnya. Ada lelaki di dalam doanya, dan ibadah adalah nafas dari perjalanan setiap penantiannya.***Suatu ketika cuaca …

Dema Uin Antasari Gelar Aksi Peduli Rohingya
Diposting pada lembaga pers tanggal 7 September 2017 pukul 2:12 pm

DEMA UIN Antasari berhasil mengantongi uang sebesar  7.501.000 rupiah dari perolehan aksi yang diselenggarakan pada Kamis pagi, (07/09) di taman hijau (tajau) kampus.  Kegiatan bertajuk …

PERKENALAN UKM/UKK DI PBAK KURANG EFEKTIF
Diposting pada lembaga pers tanggal 30 Agustus 2017 pukul 1:22 pm

Tidak adanya jadwal rolling dalam perkenalan UKM/UKK di PBAK (Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan) tahun ini membuat beberapa UKM kecewa. Mereka yang kecewa menilai UKMnya kurang maksimal …

To Top