Powered by Translate
Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SPAN dan UM-PTKIN 2017
Hasil Ujian Tes CAT — 09/11/2016 pukul 12:00am
Kepegawaian — 08/11/2016 pukul 3:52pm
Register PNS IAIN Antasari 2015 — 10/09/2015 pukul 3:48am
Bimtek PAK Dosen 2015 — 27/05/2015 pukul 12:09am
DATA STATISTIK OKH — 11/05/2015 pukul 6:14am
PERATURAN DISIPLIN PNS — 14/04/2015 pukul 12:56am
UNDANGAN PENGARAHAN CPNS DOSEN 2014 — 27/03/2015 pukul 9:58am
Prodi Perbandingan Agama “Dihapus”
Filed Under: Kamis, 20 November 2014 pukul 01:28 WITA — Dilihat 2,309 kali
Bagikan Tulisan Ini
Prevailing_world_religions_map

Konferensi Studi Agama merekomendasikan “penghapusan” program studi Perbandingan Agama (PA) dan diganti dengan Studi Agama-agama (SAA) atau Religious Studies.

Keputusan tersebut mengakhiri program studi PA yang dicanangkan dan dirintis pakar perbandingan agama dan penggagas kerukunan antarumat beragama, Prof Mukti Ali, pada tahun 1961.

Penggantian nama PA menjadi SAA dilengkapi dengan pembentukan Asosiasi Studi Agama Indonesia atau ASA Indonesia dan usulan kepada Menteri Agama tentang penyeragaman gelar seluruh sarjana agama menjadi Sarjana Agama (S.Ag.).

Dalam pernyataannya kepada “PRLM”, Minggu (16/11/2014), Ketua Panitia Simposium Nasional Asosiasi Keilmuan dan Konferensi Studi Agama-agama Ahmad Salehudin menyatakan perubahan PA menjadi SAA berkaitan dengan perkembangan negatif studi PA.

Selama lebih dari 50 tahun, program studi PA berhasil mencetak sarjana-sarjana agama yang memiliki pemahaman keagamaan yang toleran dan transformatif dan berperan strategis dalam mendorong kerukunan antarumat beragama.

“Masalah timbul karena PA dann kiprahnya semakin terlupakan, baik oleh masyarakat maupun negara. Salah satu faktor penyebabnya adalah karena jurusan perbandingan agama tidak mengajarkan kemampuan tehnis yang kompatibel dengan dunia kerja dan industri.”

Karena terpinggirkan, peminat studi PA semakin sedikit jumlahnya. “Kondisi tersebut diperparah oleh kebijakan-kebijakan pemerintah yang tidak berpihak pada Jurusan Perbandingan Agama,” kata dia.

Dalam simposium yang dipelopori oleh program studi Perbandingan Agama UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Jumat-Sabtu, 14-15 Nopember 2014, para pengelola program studi PA sepakat membentuk program studi SAA.

Mereka yang bersepakat, adalah para pakar dan peminat studi agama, serta Ketua dan Sekretaris Jurusan Perbandingan Agama se-Indonesia, yaitu IAIN Antasari Banjarmasin, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Ar Ranieri Aceh, IAIN Raden Intan Lampung, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Walisongo Semarang, UIN Alaudin Makassar, UIN Syarif Hidayutullah Jakarta, UIN Syarif Kasim Riau, STAIN Langsa Aceh, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Center for Religious and Cross Cultural Studies (CRCS) Universitas Gadjah Mada, dan tuan rumah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Pasca perubahan statuta tersebut, para pengelola program studi SAA sepakat melakukan aksi darurat untuk mendorong peningkatan minat studi agama-agama dalam bentuk affirmative action untuk dosen SAA dalam bentuk beasiswa studi lanjut , kemampuan bahasa, short course, penelitian, dan publikasi.

Kemudian mengusulkan formasi khusus alumni PA/SAA dalam penerimaan CPNS, mengusulkan kepada pemerintah untuk mewajibkan mata kuliah agama-agama menjadi mata kuliah wajib nasional bagi setiap jurusan/prodi di PTAI, pemberian gelar ganda.atau double degree bagi mahasiswa non peserta program studi “SAA” yang berminat mendalami studi agama-agama. (Pikiran Rakyat).

  • KOMENTARI
  • DISKUSIKAN
  • TULISAN LAINNYA
  • TERPOPULER
  • BERITA LPM SUKMA
  • N/A
  • Berita Sukma
    Diposting pada lembaga pers tanggal 29 Mei 2017 pukul 9:35 pm

    BSukma_Sejak pukul 7:30 waktu setempat, telah terlihat antrian di gedung abu-abu atau Siakad oleh para orang tua dan calon mahasiswa baru untuk mengambil surat kelulusan pasca pengumuman pada tanggal …

    AKSI DEMI MATA KULIAH WAJIB
    Diposting pada lembaga pers tanggal 24 Mei 2017 pukul 6:11 pm

    AKSI DEMI MATA KULIAH WAJIBTak seperti kebanyakan mahasiswa pada umumnya, mahasiswa jurusan PGMI di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan ini harus melakukan pementasan guna memperoleh nilai akhir masa …

    PERNYATAAN SIKAP AKTIVIS PERS MAHASISWA KALIMANTAN SELATAN
    Diposting pada lembaga pers tanggal 23 Mei 2017 pukul 1:18 pm

    PERNYATAAN SIKAP AKTIVIS PERS MAHASISWA KALIMANTAN SELATANMelaksanakan kegiatan jurnalistik dijamin oleh UU no. 40 tahun 1999, dan kebebasan melakukan aksi dijamin oleh UU no. 9 tahun 1998. Namun …

    To Top