Powered by Translate
Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SPAN dan UM-PTKIN 2016
Hasil Ujian Tes CAT — 09/11/2016 pukul 12:00am
Kepegawaian — 08/11/2016 pukul 3:52pm
Register PNS IAIN Antasari 2015 — 10/09/2015 pukul 3:48am
Bimtek PAK Dosen 2015 — 27/05/2015 pukul 12:09am
DATA STATISTIK OKH — 11/05/2015 pukul 6:14am
PERATURAN DISIPLIN PNS — 14/04/2015 pukul 12:56am
UNDANGAN PENGARAHAN CPNS DOSEN 2014 — 27/03/2015 pukul 9:58am
Prodi Baru, Semangat dan Harapan Baru
Filed Under: Opini Antasari Senin, 24 Maret 2014 pukul 00:25 WITA — Dilihat 4,351 kali
Bagikan Tulisan Ini
DR-Akhmad-Sagir

Oleh: Dr. Akhmad Sagir, M.Ag. (Dekan Fak. Dakwah dan Komunikasi)

Manajemen Dakwah (Prodi Baru) Membawa Semangat dan Harapan Baru

Fakultas Dakwah IAIN Antasari Banjarmasin, sekarang ini  memiliki 2 jurusan (Prodi), yaitu 1) Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI);  2) Komunikasi  dan Penyiaran Islam  (KPI).

Memang mahasiswa yang masuk ke Fakultas ini tidak terlalu banyak, dan sempat membeludak pada tahun 2009-2012, karena di salah satu jurusannya ada MoU dengan STIMIK Banjarbaru, namun demikian pada tahun 2013 kami pimpinan Fakultas tidak berani menerima mahasiswa karena ketidak jelasan kerjasama di atas yang selalu didesak oleh para mahasiswa angkatan sebelumnya tentang status mereka. Namun demikian dalam konteks penerimaan mahasiswa baru kami segenap civitas akademika Faklutas Dakwah dan Komunikasi bertekad dan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan penjelasaan kepada calon mahasiswa dan alhamdulillah walaupun jumlah mahasiswanya belum banyak, yaitu 70 orang untuk dua program studi itu, namun sudah berimbang antara kedua jurusan/prodi yang ada di Fakultas Dakwah dan komunikasi ini.

Adanya perimbangan ini tentu menurut penilaian subyektif kami adalah karena sudah adanya pemahaman yang baik dari calon-calon mahasiswa terhadap Fakultas  Dakwah dan Komunikasi beserta prodi dan standar kompetensi yang akan mereka dapatkan. Hal ini menghembuskan angin segar bagi keluarga besar FDK.

Angin segar nan sepoi-spoi itu gayung bersambut dengan lahirnya prodi Baru yang membawa harapan baru bagi IAIN Antasari pada umumnya dan Fakultas Dakwah dan Komunikasi pada khususnya. Bagaimana tidak berbagai upaya yang dilakukan yang dilakukan oleh pimpinan, karyawan dan dosen serta mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Antasari bahkan difasilitasi oleh Pimpinan IAIN Antasari dalam rangka mensosialisasikannya untuk menarik minat calon mahasiswa mau masuk ke Fakultas ini, namun apa boleh dikata pilihan jurusan/program studinya hanya dua.

Dengan lahirnya Jurusan “Manajemen Dakwah” maka sekarang calon-calon mahasiswa bisa merasakan bahwa di Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Antasari sekarang mempunyai tiga jurusan yang dapat memenuhi pangsa pasar yang kompetitif dan unggul.

Jurusan “Manajemen Dakwah” ini menawarkan pilihan program/konsentrasi Manajemen Haji dan Umrah. Manajemen Kelembagaan Islam dan Manajemen Zakat Infak dan Shadaqah yang kesemua konsentrasi ini sangat diperlukan oleh umat Islam saat ini dan di masa yang akan datang.

Naik haji dan melaksanakan Umrah adalah sebuah kewajiban bagi umat Islam, lebih-lebih bagi umat Islam Indonesia dan Kalimantan Selatan yang sangat agamis. Hal ini dapat kita lihat di Siskohat Kemenag RI yang menjelaskan bahwa daftar tunggu haji di Kal-Sel mencapai 16 tahun, dan oleh karena itu banyak umat Islam melaksanakan umrah terlebih dahulu sementara menunggu antrean keberangkatan haji mereka. Dengan demikian maka muncullah pengusaha-pengusaha travel Haji dan Umrah.

Kelihatan seperti simpel sekali mengadakan travel-travel itu, namun pada kenyataannya tidak demikian, kita dengar kabar beberapa minggu terakhir ini ada banyak travel haji dan umrah dibatalkan izinnya, karena hanya kedok saja padahal penipu belaka. Oleh karena itu Fakultas Dakwah dan Komunikasi dengan jurusan baru “Manajemen Dakwah” dengan konsentrasi Manajemen Haji dan Umrah menjadi solusi tepat untuk menyiapkan SDM profesional dalam bidang ini, sehingga insya Allah Travel-travel akan menjadi pelayan bagi calon tamu-tamu Allah yang diridhai olehNya amin.

Betapa banyak kita dapati majelis-majelis Ta’lim dan Masjid di tengah-tengah masyarakat yang tidak terurus dengan baik pengelolaannya, padahal kelembagaan Islam seperti ini kita perhatikan sangat efektif sebagai media dalam pembinaan masyarakat sehingga dapat berdaya guna. Bagaimana bisa pengelolaannya dapat berjalan dengan baik kalau SDM untuk mengelolanya tidak tersedia, Oleh karena itu Fakultas Dakwah dan Komunikasi dengan jurusan Manajemen Dakwah dan konsentrasi Manajeman Kelambagaan Islam ini ingin menjawab tantangan untuk menyediakan SDM yang profesional dalam mengelola Masjid dan Majelis-majelis Ta’lim.

Tidak kalah pentingnya jurusan “Manajemen Dakwah” yang baru ini juga menawarkan konsentrasi Manajemen Zakat Infaq dan Shadaqah. Kita juga tahu dan dapat menghitung jumlah umat Islam Indonesia yang setiap tahunnya membayar zakat, tiap bulan atau minggu memberikan infaq bahkan setiap hari memberikan shadaqah, sehingga sungguh luar biasa banyaknya uang yang beredar dari tangan-tangan umat Islam. Namun dari sisi yang berbeda masing banyak masyarakat muslim kita yang berada di bawah garis kemiskinan. Petanyaannya mengapa hal ini bisa terjadi.

Jawabannya singkat, uang-uang yang banyak tersebut belum dikelola dengan profesional. Oleh karena itu Fakultas Dakwah dan Komunikasi menawarkan kepada seluruh umat Islam untuk menempa diri dan anak-anaknya agar menjadi pioner dalam pengelolaan keuangan umat Islam yang bersumber dari ZIS. Seperti di Negara tetangga Beasiswa ke luar negeri dapat diambilkan dari dana yang terkumpul dan dikelola dari ZIS bahkan untuk ibu-ibu yang ditinggal suami dengan anak yang ditanggung, mereka dapat santunan setiap bulan dari dana ZIS yang dikelola secara profesinal.

Mudah-mudahan semua cita-cita ini mendapat sambutan hangat dari semua pihak, khususnya dari calon mahasiswa yang tentunya memutuskan untuk bergabung di jurusan ini, sehingga Dakwah Islamiyah menjadi lebih maju dan Islam pun Jaya. Inilah semangat baru yang kobarkan dan mendatangkan harapan baru yang diridhai oleh Allah SWT. Amin.

  • KOMENTARI
  • DISKUSIKAN
  • TULISAN LAINNYA
  • TERPOPULER
  • BERITA LPM SUKMA
SADZALI GERAM PARKIRAN USHULUDDIN DIPENUHI MAHASISWA SYARIAH
Diposting pada lembaga pers tanggal 5 Desember 2016 pukul 11:35 am

                 foto: Yunita SariBSukma- Parkir kendaraan kembali menuai protes, kali ini datang dari Fakultas …

Pemimpin vs Pemimpin Realitas Pemimpin dalam Program PKMD
Diposting pada lembaga pers tanggal 5 Desember 2016 pukul 11:20 am

penulis: Moh Husni Dalam pewayangan Sindhunata pernah berkata, rakyat adalah digdaya tanpa aji. Maksudnya rakyat memiliki kekuatan namun tanpa harga diri dan nilai. Karena itu pemimpin adalah …

Lukisan Kehidupan
Diposting pada lembaga pers tanggal 5 Desember 2016 pukul 8:53 am

Sumber GoogleKarya: Siti Bulqis RadinahHidup bagai roda yang berputarKadang di atas kadang di bawahDan balik ke atas balik ke bawahBegitulah retak kehidupanJatuh bangun bukan bermakna kita kalahDan …

To Top