Powered by Translate
Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SPAN dan UM-PTKIN 2016
Hasil Ujian Tes CAT — 09/11/2016 pukul 12:00am
Kepegawaian — 08/11/2016 pukul 3:52pm
Register PNS IAIN Antasari 2015 — 10/09/2015 pukul 3:48am
Bimtek PAK Dosen 2015 — 27/05/2015 pukul 12:09am
DATA STATISTIK OKH — 11/05/2015 pukul 6:14am
PERATURAN DISIPLIN PNS — 14/04/2015 pukul 12:56am
UNDANGAN PENGARAHAN CPNS DOSEN 2014 — 27/03/2015 pukul 9:58am
Pramuka Bentuk Karakter
Filed Under: Rabu, 14 Mei 2014 pukul 00:28 WITA — Dilihat 623 kali
Bagikan Tulisan Ini
Gambar

Pramuka adalah kader bangsa yang siap bekerja di mana saja dan dalam kondisi apapun juga. Pramuka adalah media belajar yang sangat efektif dan wahana bagi pembentukan karakter  generasi muda bangsa.

“Siapapun presiden-nya, saya berharap agar memberikan perhatian khusus kepada pramuka, dan salah satunya melalui anggaran,” terang Wamenag Prof Dr H Nasaruddin Umar MA pada saat silaturahim dengan ketua-ketua kontingen Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Islam Negeri (PWN – PTAIN) Tahun 2014 di kantor Gubernur Bengkulu, Selasa (13/05) malam.

Pada acara yang dihadiri Gubernur Bengkulu H Junaidi Hamsah SAg MPd, Ka Kwarnas Dr H Adhyaksa Dault SH MSi, pimpinan PTAIN, Direktur Diktis Prof Dr H Dede Rosyada MA dan pejabat provinsi Bengkulu, Wamenag menegaskan bahwa  perhatian Kementerian Agama terhadap pramuka di PTAIN sangat tinggi, salah satunya adalah melibatkan pramuka dalam penyelenggaraan haji selain pada saat kejadian bencana alam.

“Kepada Ka Kwarnas, saya minta agar diberikan perhatian khusus bagi pramuka di madrasah dan pondok pesantren, terutama untuk tenaga pelatih pramuka di pontren dan madrasah,” pinta Wamenag.

Rektor IAIN Antasari Prof Dr H Akh Fauzi Aseri MA yang turut hadir menyambut baik terselenggaranya kegiatan perkemahan. Menurutnya, tujuan pembentukan karakter sudah seharusnya menjadi tugas bersama. Pramuka merupakan salah satu media yang sangat strategis untuk mewujudkan itu.

Dalam kesempatan sama, Ka Kwarnas Adhyaksa Dault sepakat dengan Wamenag bahwa pramuka adalah  entitas dan kegiatan yang diterima di semua kalangan dan menjadi media bagi pembentukan karakter generasi muda bangsa.

Bagi Adhiyaksa, kekuatan pramuka itu ada di santri. Dia mengilusrasikan kegiatan pramuka di pondok pesantren Gontor yang dilatih luar biasa dan selalu ikut serta dalam event pramuka internasional.

“Kekuatan pramuka lebih banyak di santri. Di pontren, pramuka menjadi salah satu kegiatan andalan,” ujar Adhyaksa.

Terkait dengan permintaan Wamenag agar Kwarnas memberi perhatian khusus kepada pramuka di madrasah dan pondok pesantren, Kwarnas akan melakukan pelatihan bagi tenaga pelatih pramuka bagi santri dan madrasah serta penandatanganan kerjasama dengan Kemenag dalam waktu dekat. (dm/dm).

  • KOMENTARI
  • DISKUSIKAN
  • TULISAN LAINNYA
  • TERPOPULER
  • BERITA LPM SUKMA
SADZALI GERAM PARKIRAN USHULUDDIN DIPENUHI MAHASISWA SYARIAH
Diposting pada lembaga pers tanggal 5 Desember 2016 pukul 11:35 am

                 foto: Yunita SariBSukma- Parkir kendaraan kembali menuai protes, kali ini datang dari Fakultas …

Pemimpin vs Pemimpin Realitas Pemimpin dalam Program PKMD
Diposting pada lembaga pers tanggal 5 Desember 2016 pukul 11:20 am

penulis: Moh Husni Dalam pewayangan Sindhunata pernah berkata, rakyat adalah digdaya tanpa aji. Maksudnya rakyat memiliki kekuatan namun tanpa harga diri dan nilai. Karena itu pemimpin adalah …

Lukisan Kehidupan
Diposting pada lembaga pers tanggal 5 Desember 2016 pukul 8:53 am

Sumber GoogleKarya: Siti Bulqis RadinahHidup bagai roda yang berputarKadang di atas kadang di bawahDan balik ke atas balik ke bawahBegitulah retak kehidupanJatuh bangun bukan bermakna kita kalahDan …

To Top