Powered by Translate
Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SPAN dan UM-PTKIN 2016
Hasil Ujian Tes CAT — 09/11/2016 pukul 12:00am
Kepegawaian — 08/11/2016 pukul 3:52pm
Register PNS IAIN Antasari 2015 — 10/09/2015 pukul 3:48am
Bimtek PAK Dosen 2015 — 27/05/2015 pukul 12:09am
DATA STATISTIK OKH — 11/05/2015 pukul 6:14am
PERATURAN DISIPLIN PNS — 14/04/2015 pukul 12:56am
UNDANGAN PENGARAHAN CPNS DOSEN 2014 — 27/03/2015 pukul 9:58am
Penyalahgunaan Politik dan Ekonomi
Filed Under: Rilis Berita Senin, 29 September 2014 pukul 17:11 WITA — Dilihat 565 kali
Bagikan Tulisan Ini
Hafiz Anshari

Akademisi dari Institut Agama Islam Negeri Antasari Banjarmasin, Prof Dr H A Hafiz Anshari MA berpendapat, penyalahgunaan politik dan ekonomi dapat menimbulkan perpecahan.

“Ada beberapa faktor yang dapat menimbulkan perpecahan antar umat beragama apabila disalahgunakan,” ujarnya pada Seminar Forum Kerukunan Umat Beragama, di Kabupaten Tanah Laut (Tala), Kalsel, di Pelaihari (ibu kota kabupaten, 65 km timur Banjarmasin), Rabu [24/09].

Menurut Guru Besar Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Antasari itu, faktor paling utama yang bisa menimbulkan perpecahan, yaitu bila terjadi penyalahgunaan politik dan ekonomi. Faktor lain yang tak kalah pentingnya dan bisa membuat perpecahan umat beragama, lanjutnya, yaitu fanatisme paham keagamaan, memaksa kehendak pada orang lain, egoisme, arogansi, fanatisme kedaerahan/kelompok/golongan, budaya eksklusif dan kedengkian. “Faktor-faktor tersebut penyebab perpecahan antar umat beragama atau konflik antarumat beragama. Untuk itu perlu adanya upaya antisiapasi,” tegas mantan Ketua Umum Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia itu.

Ia menjelaskan, ada beberapa hal yang dapat mengantisipasi perpecahan antarumat beragama di antaranya, mantapkan regulasi kerukunan umat beragama, regulasi berprespektif kerukunan, dan pemantapan doktrin kerukunan umat beragama. Selain itu, intensifikasi daerah yang berwawasan kerukunan, pemantapan kesamaan komitmen, pemantapan kesamaan orientasi, pemantapan kesamaan tanggungjawab, pemantapan toleransi, pemantapan sikap kebersamaan, peningkatan intensitas dialog dan intensifikasi kerja sama dalam kehidupan bermasyarakat.

“Kita berharap kerukunan antaragama di Kalsel yang kini berpenduduk mencapai empat juta jiwa dan tersebar pada 13 kabupaten/kota, terus terjaga dengan baik, sehingga pembangunan daerah dapat berjalan dengan baik pula,” tegasnya.

Sementara, Bupati Tanah Laut H Bambang Alamsyah mengatakan, kabupatennya dihuni beberapa agama yang berbeda, namun hingga saat ini kerukunan atau kebersamaan antarumat tersebut tetap terjaga dengan baik. “Sejak dulu di Tala tidak pernah terjadi perpecahan, karena antarumat beragama di daerah ini saling toleransi. Selain itu, peran tokoh masyarakat dan tokoh agama sangat membantu terciptanya kerukunan beragama di daerah ini,” terangnya. Begitu pula dalam menyikapi permasalahan pemilihan presiden dan bupati tidak lagi dibicarakan masyarakat, namun yang perlu adalah bagaimana pembangunan Tanah Laut kedepannya agar lebih maju dan sejahtera. (ant )

  • KOMENTARI
  • DISKUSIKAN
  • TULISAN LAINNYA
  • TERPOPULER
  • BERITA LPM SUKMA
ANGGARAN KAMPUS AMBLAS!
Diposting pada lembaga pers tanggal 10 Desember 2016 pukul 4:26 am

:Mahasiswa dituntut kreatif dalam penganggaran kegiatanBSukma - Pemotongan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang digaungkan oleh pemerintahan Jokowi-Jk, lewat Menteri Keuangan Sri Mulyani …

BPI: Menyambung Pikiran, Menjawab Persoalan
Diposting pada lembaga pers tanggal 10 Desember 2016 pukul 3:31 am

Wartawan: Moh Mahfud (LPM Sukma UIN Antasari Banjarmasin)Pembukaan Sekolah Politik di Pendopo Desmond J. MahesaDitengah sentimen politik tanah air yang terus dikait-kaitkan dengan berbagai aspek, …

POLIKLINIK VAKUM, MAHASISWA IAIN HARUS SEHAT
Diposting pada lembaga pers tanggal 9 Desember 2016 pukul 10:06 am

Ilustration PictureBSukma- Poliklinik adalah badan atau balai pengobatan umum (tidak untuk merawat atau pasien menginap). Poliklinik yang ada di IAIN Antasari merupakan fasilitas yang disediakan oleh …

To Top