Powered by Translate
Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SPAN dan UM-PTKIN 2016
Hasil Ujian Tes CAT — 09/11/2016 pukul 12:00am
Kepegawaian — 08/11/2016 pukul 3:52pm
Register PNS IAIN Antasari 2015 — 10/09/2015 pukul 3:48am
Bimtek PAK Dosen 2015 — 27/05/2015 pukul 12:09am
DATA STATISTIK OKH — 11/05/2015 pukul 6:14am
PERATURAN DISIPLIN PNS — 14/04/2015 pukul 12:56am
UNDANGAN PENGARAHAN CPNS DOSEN 2014 — 27/03/2015 pukul 9:58am
Penentu Efektivitas ToT
Filed Under: Rilis Berita Rabu, 20 Agustus 2014 pukul 07:43 WITA — Dilihat 483 kali
Bagikan Tulisan Ini
banner-training

Setidaknya ada tiga hal yang penting karena sangat menentukan efektivitas ToT, yaitu metode pelatihan yang digunakan, karakteristik keterampilan yang dilatihkan/tugas pelatihan, dan pilihan kriteria evaluasi pelatihan.

Hal itu disampaikan Rektor IAIN Antasari Prof Dr H Akh Fauzi Aseri MA ketika memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi Pelatihan Fasilitator (Training of Trainers) Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan IAIN Antasari, Selasa, (19/8/2014) di Auditorium IAIN Antasari Banjarmasin.

“Tiga hal ini sangat menentukan efektivitas program pelatihan. Oleh karena itu, kami berharap agar tiga hal tadi harus diliat sebagai satu kesatuan dalam modul yang telah disusun,”ujar Guru Besar fakultas Syariah dan Ekonomi Islam itu.

Rektor juga menyampaikan rasa bahagia dan syukur atas dilaksanakannya kegiatan pelatihan fasilitator itu. OPAK tahun ini, ujar Rektor, direncanakan jauh-jauh hari melalui berbagai proses, sejak tahap perumusan hingga nanti tahap implementasi dan evaluasi.

Menurut Rektor, siapa pun bisa menjadi pelatih/trainer/fasilitator, tapi mungkin tidak mudah menjadi seorang pelatih yang baik. Kegiatan pada hari ini diperlukan bagi para pelatih untuk mengembangkan keterampilan mereka untuk menjadi pelatih yang baik, menjadi fasilitator yang baik.

“Saya teringat satu tulisan di Journal of Pakistan Medical Associaton pada tahun 2014 ini yang menyebut bahwa pada kenyataannya, banyak orang yang memiliki peran utama dalam pendidikan, yaitu manajer administrasi yang mengembangkan kurikulum atau mereka yang berada dalam posisi pengambilan keputusan, justru masih perlu meningkatkan diri melalui seminar, evaluasi mahasiswa, lokakarya, kursus akademis, konsultasi dan micro-techniques. Hal ini hanya mungkin dengan pelatihan untuk pelatih untuk mentransfer perkembangan di bidang pendidikan untuk para pelatih/fasilitator,” tukas Rektor.

Ini, imbuh Rektor, menunjukkan bahwa semangat mengembangkan ketrampilan dan keilmuan harus menjadi “budaya mayor” di lingkungan kita, tanpa melihat posisi dan kedudukan struktural dan sosial. (MHM).

  • KOMENTARI
  • DISKUSIKAN
  • TULISAN LAINNYA
  • TERPOPULER
  • BERITA LPM SUKMA
Kegelisahan Mahasiswa Semester Akhir
Diposting pada lembaga pers tanggal 29 November 2016 pukul 8:30 am

catatan mahasiswa oleh: Muhammad IqbalAkhir-akhir ini sering terdengar keresahan atau polemik dari mahasiswa dipucuk semester (red: yang merasa). Saya sendiri sudah semester 5, artinya sudah dua …

LPS AL-Waqar : Lembaga Pengajaran Sederhana Al-Waqar
Diposting pada lembaga pers tanggal 29 November 2016 pukul 8:09 am

essai oleh: Rizali Norhadi Sabtu, 1 oktober 2016. Saya berjumpa dengan kawan-kawan komunitas belajar bernamakan LPS Al-Waqar. Mereka adalah generasi penghuni keresahan intelektual. Gagasan dan …

ANTOLOGI PUISI “MERATUS, HUTAN HUJAN TROPIS” DL 05 JANUARI 2017
Diposting pada lembaga pers tanggal 19 November 2016 pukul 10:41 am

ANTOLOGI PUISI “MERATUS, HUTAN HUJAN TROPIS”Barabai, Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan Tahun 2017Kawasan Hutan Meratus merupakan kawasan hutan alami yang masih tersisa di Propinsi …

To Top