Powered by Translate
Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SPAN dan UM-PTKIN 2016
Hasil Ujian Tes CAT — 09/11/2016 pukul 12:00am
Kepegawaian — 08/11/2016 pukul 3:52pm
Register PNS IAIN Antasari 2015 — 10/09/2015 pukul 3:48am
Bimtek PAK Dosen 2015 — 27/05/2015 pukul 12:09am
DATA STATISTIK OKH — 11/05/2015 pukul 6:14am
PERATURAN DISIPLIN PNS — 14/04/2015 pukul 12:56am
UNDANGAN PENGARAHAN CPNS DOSEN 2014 — 27/03/2015 pukul 9:58am
Nalar Perencanaan Inovatif-Akuntabel
Filed Under: Rilis Berita Senin, 3 November 2014 pukul 00:46 WITA — Dilihat 684 kali
Bagikan Tulisan Ini
be4e4fd1bcb87d92f342f6e3e3e1d9e2_XL

Perlu penajaman rencana strategis Kemenag RI yang diadaptasi ke dalam konteks IAIN Antasari. Penajaman ini ditujukan agar ada fokus pada pentingnya peningkatan kualitas, relevansi dan daya saing IAIN Antasari.

Demikian terungkap pada Orientasi Perencanaan dan Data Dukung IAIN Antasari, Sabtu, (1/11/2014) di Aula Hotel Golden Tulip Banjarmasin.

Oleh itu, menurut Rektor Prof Dr H Akh Fauzi Aseri MA, dalam perencanaan perlu diperhatikan dengan baik sebelas hal, yaitu peningkatan akses dan pemerataan pendidikan tinggi dengan memperhatikan keseimbangan antara jumlah program studi sejalan dengan tuntutan kebutuhan pembangunan dan masyarakat serta daerah, penguatan otonomi dan manajemen pendidikan tinggi dalam rangka membangun universitas riset (research university) menuju terwujudnya universitas kelas dunia (world class university), penataan program studi dan bidang keilmuan yang fleksibel memenuhi kebutuhan pembangunan, peningkatan ketersediaan dan kualitas sarana dan prasarana pendidikan tinggi, seperti perpustakaan dan laboratorium yang sesuai dengan kebutuhan program studi, pengembangan dan pelaksanaan road map penelitian sesuai dengan kebutuhan pembangunan untuk mendukung terwujudnya perguruan tinggi sebagai pengembangan dan penelitian iptek, peningkatan kualifikasi dosen melalui pendidikan S2/S3 baik di dalam maupun di luar negeri.

Selanjutnya, ujar Rektor, diperlukan penguatan kualitas dosen melalui peningkatan intensitas penelitian dan academic recharging, penguatan sistem insentif bagi dosen dan peneliti untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam jurnal internasional dan mendapatkan paten, penguatan kemitraan perguruan tinggi, lembaga litbang, dan industri, termasuk lembaga pendidikan internasional, dalam penguatan kelembagaan perguruan tinggi sebagai pusat pengembangan dan penelitian iptek, peningkatan pendidikan kewirausahaan, termasuk technopreneur bagi dosen dan mahasiswa dengan menjalin kerjasama antarainstitusi pendidikan dan dunia usaha, dan pemberian beasiswa perguruan tinggi untuk siswa SMA/SMK/MA yang berprestasi dan kurang mampu.

Tinggal tantangannya, imbuh Rektor, di lapangan kadang pengajuan dokumen perencanaan di tingkat IAIN Antasari harus menyesuaikan dengan finalisasi di tingkat pusat. “Di sinilah tantangannya; bagaimana menggunakan nalar perencanaan yang inovatif namun tetap akuntabel,” ucap Rektor.

“Inovatif dalam arti dapat menggunakan sumber daya yang terbatas untuk mewujudkan rencana kerja prioritas, namun tetap berdasarkan pada data pendukung yang dapat dipertanggungjawabkan kepada publik,” tukas Rektor di sela-sela kegiatan.

Oleh karena itu, menurut Prof Fauzi, seluruh proses perencanaan hingga pembuatan data pendukung ini tidak dapat dipandang remeh. Setiap bentuk kegiatan dalam rencana aksi memiliki spesifikasi dari jenis data pendukung. Ujungnya, akuntabelitas program kerja akan menjadi taruhan.

Rektor berpesan bahwa kunci dari semua bentuk upaya memajukan IAIN Antasari terletak pada adanya semangat (passion/himmah) yang lahir dari cinta pada kampus. “Ini akan menghasilkan SDM yang selalu siap memperbaiki diri, merencanakan ulang, mengeksekusi dengan sebaik-baiknya. Semangat terbesar harus lahir dari cinta (hubb) pada kampus kita. Inilah saya kira modal dasar yang harus kita tekankan kembali,” pungkas Rektor.

  • KOMENTARI
  • DISKUSIKAN
  • TULISAN LAINNYA
  • TERPOPULER
  • BERITA LPM SUKMA
Sedasawarsa Wacana IAIN Menjadi UIN: (Selangkah yang sangat Panjang)
Diposting pada lembaga pers tanggal 6 Desember 2016 pukul 5:05 pm

Sedasawarsa Wacana IAIN Menjadi UIN: (Selangkah yang sangat Panjang)Oleh: Taufik Rahman(Anggota LPM SUKMA, Mahasiswa Jurusan Hukum Keluarga angkatan 2013).. cepat atau lambat, IAIN akan berubah ke …

SADZALI GERAM PARKIRAN USHULUDDIN DIPENUHI MAHASISWA SYARIAH
Diposting pada lembaga pers tanggal 5 Desember 2016 pukul 11:35 am

                 foto: Yunita SariBSukma- Parkir kendaraan kembali menuai protes, kali ini datang dari Fakultas …

Pemimpin vs Pemimpin Realitas Pemimpin dalam Program PKMD
Diposting pada lembaga pers tanggal 5 Desember 2016 pukul 11:20 am

penulis: Moh Husni Dalam pewayangan Sindhunata pernah berkata, rakyat adalah digdaya tanpa aji. Maksudnya rakyat memiliki kekuatan namun tanpa harga diri dan nilai. Karena itu pemimpin adalah …

To Top