Powered by Translate
Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SPAN dan UM-PTKIN 2017
Hasil Ujian Tes CAT — 09/11/2016 pukul 12:00am
Kepegawaian — 08/11/2016 pukul 3:52pm
Register PNS IAIN Antasari 2015 — 10/09/2015 pukul 3:48am
Bimtek PAK Dosen 2015 — 27/05/2015 pukul 12:09am
DATA STATISTIK OKH — 11/05/2015 pukul 6:14am
PERATURAN DISIPLIN PNS — 14/04/2015 pukul 12:56am
UNDANGAN PENGARAHAN CPNS DOSEN 2014 — 27/03/2015 pukul 9:58am
Mahasiswa Akhiri Magang di Pengadilan Agama Banjarmasin
Filed Under: Rilis Berita Senin, 29 Juni 2015 pukul 02:11 WITA — Dilihat 1,053 kali
Bagikan Tulisan Ini
Ketua PA Banjarmasin dan mahasiswa magang berfoto bersama.

Acara perpisahan/pelepasan para mahasiswa magang dari Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Antasari Banjarmasin Jurusan Muamalah di Pengadilan Agama Banjarmasin berlangsung di ruang Ketua PA Banjarmasin, Selasa (23/06/15).  Acara turut dihadiri Ketua dan Pansek PA Banjarmasin.

Para mahasiswa magang tersebut berjumlah sebanyak 5 (lima) orang mahasiswa. Masing-masing mahasiswa melakukan observasi dalam rangka mendapatkan pengalaman nyata di lapangan tentang administrasi dan proses berperkara di pengadilan selama 1 (satu) bulan. Praktek peradilan adalah  salah satu mata kuliah pokok di jurusan syariah. Diharapkan praktik ini jadi momentum pembelajaran dan pematangan teori yang telah dipelajari selama dibangku perkuliahan.

Dalam pelaksanaan magang, mahasiswa diarahkan ke segala bidang, di antaranya administrasi umum dan administrasi perkara. Mahasiswa diberikan akses untuk belajar dan menempa pengalaman di setiap bagian tugas dan bidang yang ada di PA Banjarmasin, seperti bagian meja informasi, ruang sidang, ruang kesekretariatan umum, ruang PP, hakim dan ruang IT. Dari sini mahasiswa dapat mengetahui bagaimana proses penyelesaian perkara semenjak proses pendafaran, pemeriksaan dipersidangan, pengolahan data perkara yang sudah selesai disidangkan sampai proses ke proses pengarsipan. Begitu juga tidak kalah pentingnya bagaimana pola administrasi umum yang diterapkan yang hal ini tidak terlepas dari administrasi perkara. Karena merupakan 2 hal yang sinergi satu sama lain. Keseriusan dan kesungguhan serta disiplin sangat dituntut dalam pelaksanaan magang tersebut. Segala peraturan yang berlaku bagi pegawai juga berlaku bagi mahasiswa. Sehingga dengan modal ini mahasiswa bisa melihat bagaimana penerapan administrasi perkara dan administrasi umum di PA Banjarmasin.

Sementara  itu KPA Banjarmasin Drs. H. Muhammad Alwi, M.H dalam sambutannya menyatakan bahwa PA Banjarmasin secara rutin tiap tahunnya menerima mahasiswa magang di PA Banjarmasin dan mengapresiasi hubungan baik yang telah terjalin selama ini terutama dengan Fakultas Syariah IAIN Antasari Banjarmasin, semoga terus berlanjut dimasa mendatang. “Apa-apa yang didapat di PA Banjarmasin selama magang,kalau memang baik silakan dikemukakan dan diberitahukan kepada kawan-kawan lainnya dan yang tidak baik jangan dibawa/ditinggalkan saja serta jika ada kekurangan sampaikan hal tersebut kepada kami,” ujarnya seraya mengatakan bahwa terkadang dari segi teori dalam prakteknya ada sedikit berubah atau perbedaan namun hal itu tidak terlalu mendasar. “Sampaikanlah kritik yang bersifat konstruktif didalam membangun kebersamaan tanpa saling menyalahkan. Jagalah selalu hubungan baik/silaturahmi ini dan mohon maaf jika ada hal-hal yang kurang berkenan selama magang di PA Banjarmasin,” tambah Muhammad Alwi.

Acara diakhiri dengan memberikan ucapan terima kasih banyak kepada para mahasiswa magang kemudian foto bersama. (Courtesy: Mutia Hasanah/PA-Banjarmasin).

  • KOMENTARI
  • DISKUSIKAN
  • TULISAN LAINNYA
  • TERPOPULER
  • BERITA LPM SUKMA
Kegiatan DEMA diakhir Kepengurusan
Diposting pada lembaga pers tanggal 18 Februari 2017 pukul 3:53 pm

lpm sukmaMESKI TELAH DIAKHIR KEPENGURUSAN, INI BUKAN BERARTI DEMA VAKUM DARI KEGIATAN DEMA IAIN Antasari kembali melaksanakan program kerja diakhir kepengurusannya. Yaitu Sosialisasi  Empat …

DAFTAR PESERTA LOLOS ANTOLOGI PUISI MERATUS: HUTAN HUJAN TROPIS
Diposting pada lembaga pers tanggal 18 Februari 2017 pukul 3:28 pm

Arifin Noor Hasby (Banjarbaru)Ali Syamsudin Arsyi (Banjarbaru)Asro al Murthawy (Jambi)Bambang Widiatmoko (Yogyakarta)Disma Galuh Mardanti (Palangkaraya)Fahmi Wahid (Balangan)Harkoni Madura …

PEMBAGIAN SERTIFIKAT OSPEK YANG PERLU DIPERTANYAKAN
Diposting pada lembaga pers tanggal 17 Februari 2017 pukul 4:46 am

BSukma. Pembagian sertifikat OSPEK yang dilakukan oleh panitia tidak berjalan sesuai rencana.  Hal ini dikarenakan jumlah mahasiswa dan mahasiswi  yang datang semakin membludak. Hal ini …

To Top