Powered by Translate
Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SPAN dan UM-PTKIN 2016
Hasil Ujian Tes CAT — 09/11/2016 pukul 12:00am
Kepegawaian — 08/11/2016 pukul 3:52pm
Register PNS IAIN Antasari 2015 — 10/09/2015 pukul 3:48am
Bimtek PAK Dosen 2015 — 27/05/2015 pukul 12:09am
DATA STATISTIK OKH — 11/05/2015 pukul 6:14am
PERATURAN DISIPLIN PNS — 14/04/2015 pukul 12:56am
UNDANGAN PENGARAHAN CPNS DOSEN 2014 — 27/03/2015 pukul 9:58am
Leadership, Budaya, Kekuatan dan Manajemen
Filed Under: Rilis Berita Selasa, 11 November 2014 pukul 23:42 WITA — Dilihat 503 kali
Bagikan Tulisan Ini
analis

Paling tidak terdapat empat perangkat yang diperlukan untuk memaksimalkan tujuan kerjasama, yaitu perangkat kepemimpinan, perangkat budaya, perangkat kekuatan, dan perangkat manajemen.

Demikian disampaikan Rektor IAIN Antasari Prof Dr H Akh Fauzi Aseri MA di sela-sela penandatanganan Nota Kesepakatan (MoU) antara IAIN Antasari dengan Pengadilan Tinggi Agama Palangkaraya dan PA Palangkaraya, Kamis (6/11/2014) di Palangkaraya.

Rektor menyatakan bahwa pertama diperlukan leadership tools atau perangkat kepemimpinan yang efektif. “Dalam hal ini, kami sangat menyakini bahwa leadership di antara lembaga mestilah memiliki visi yang sama, titik negosiasi yang sejalan, dan dapat menjadi role model,” ujar Rektor.

Yang kedua, ujar Rektor, culture tools atau perangkat budaya. “Terkait budaya, kita menyadari bahwa kita memiliki budaya yang relatif dekat. Bukan hanya karena persentuhan dengan isu-isu keagamaan, namun sejarah dua provinsi serta masyarakatnya sudah lama terbangun dan bersaudara (badangsanak/bakulaan),” ucap Rektor.

Yang ketiga, yaitu power tools atau perangkat kekuatan. Masing-masing lembaga memiliki kekuatan tersendiri, imbuh Prof Fauzi, baik itu kekuatan regulasi, keuangan, kekuatan kontrol, maupun kekuatan birokrasi lain. “Inilah modal yang dititipkan kepada kita untuk digunakan dengan sebaik-baiknya,” tukas Rektor.

Selanjutnya, tambah Rektor, perangkat manajemen (management tools) yang mesti digunakan untuk memastikan bahwa pengelolaan kerjasama ini sesuai dengan yang diharapkan.

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya Drs H Abd Halim Syahran SH MH sebelum penandatangan Nota Kesepakatan Bersama mengatakan “Alhamdullillah pada saat ini kita dapat melakukan MoU antara IAIN Banjarmasin dengan PTA Palangka Raya dan PA Palangka Raya. Saya berharap mudah-mudahan kerjasama ini dapat berjalan dengan lancar, baik bagi IAIN Banjarmasin maupun PTA Palangka Raya termasuk PA Palangka Raya dapat menuntaskan pekerjaannya dengan baik dan mengembangkan tugasnya dengan baik, lebih-lebih dapat mengembangkan peradilan agama di Kalimantan Tengah dalam rangka reformasi birokrasi Mahkamah Agung RI khususnya terkait sumber daya manusia.

Seperti diketahui Nota Kesepakatan Bersama ini dibuat dengan tujuan untuk mengadakan kerjasama yang saling menguntungkan dalam penyelenggaraan pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta pengembangannya.

Program kerjasama dimaksud dalam bentuk antara lain, magang praktikum mahasiswa, membangun kemitraan dalam peningkatan sumber daya manusia, penyuluhan hukum, pengembangan hukum Islam, penelitian dan konteks pelaksanaan hukum Islam di masyarakat, dan mengadakan resource sharing dalam hal pengembangan isu-isu keagamaan.

“Terkait dengan implementasi kerjasama ini, ujar profesor Akh. Fauzi akan diatur lebih lanjut dan dituangkan dalam Surat Perjanjian Pelaksanaan Kerjasama menurut ketentuan yang berlaku di kedua belah pihak. (MHM)

  • KOMENTARI
  • DISKUSIKAN
  • TULISAN LAINNYA
  • TERPOPULER
  • BERITA LPM SUKMA
SADZALI GERAM PARKIRAN USHULUDDIN DIPENUHI MAHASISWA SYARIAH
Diposting pada lembaga pers tanggal 5 Desember 2016 pukul 11:35 am

                 foto: Yunita SariBSukma- Parkir kendaraan kembali menuai protes, kali ini datang dari Fakultas …

Pemimpin vs Pemimpin Realitas Pemimpin dalam Program PKMD
Diposting pada lembaga pers tanggal 5 Desember 2016 pukul 11:20 am

penulis: Moh Husni Dalam pewayangan Sindhunata pernah berkata, rakyat adalah digdaya tanpa aji. Maksudnya rakyat memiliki kekuatan namun tanpa harga diri dan nilai. Karena itu pemimpin adalah …

Lukisan Kehidupan
Diposting pada lembaga pers tanggal 5 Desember 2016 pukul 8:53 am

Sumber GoogleKarya: Siti Bulqis RadinahHidup bagai roda yang berputarKadang di atas kadang di bawahDan balik ke atas balik ke bawahBegitulah retak kehidupanJatuh bangun bukan bermakna kita kalahDan …

To Top