Powered by Translate
Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SPAN dan UM-PTKIN 2017
Hasil Ujian Tes CAT — 09/11/2016 pukul 12:00am
Kepegawaian — 08/11/2016 pukul 3:52pm
Register PNS IAIN Antasari 2015 — 10/09/2015 pukul 3:48am
Bimtek PAK Dosen 2015 — 27/05/2015 pukul 12:09am
DATA STATISTIK OKH — 11/05/2015 pukul 6:14am
PERATURAN DISIPLIN PNS — 14/04/2015 pukul 12:56am
UNDANGAN PENGARAHAN CPNS DOSEN 2014 — 27/03/2015 pukul 9:58am
Iri dengan Ulama
Filed Under: Rilis Berita Jumat, 29 Agustus 2014 pukul 00:34 WITA — Dilihat 1,120 kali
Bagikan Tulisan Ini
img_ahmad_lutfi_fathullah

IAIN Antasari berencana mendigitalisasi karya-karya ulama Banjar yang ada di Kalimantan Selatan. Sebagai rencana awal, karya Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari akan dijadikan proyek perdana.

Hal itu tercetus pada Forum Informasi Ilmiah, Kamis (28/8) yang digelar di Aula Rektorat IAIN Antasari Banjarmasin. Menghadirkan narasumber Dr KH Ahmad Lutfi Fathullah MA., muncul ide untuk membuat kajian terhadap karya Syekh Arsyad lebih mudah, menarik dan menyenangkan. Lutfi sendiri merupakan tokoh Indonesia pertama yang dinilai berhasil mengubah paradigma pembelajaran hadis dan keislaman melalui pendekatan aplikasi- digital. Lutfi merupakan dosen terbang di beberapa perguruan tinggi nasional dan internasional.

Dalam paparannya di hadapan para hadirin, Dr KH Ahmad Lutfi Fathullah MA menyatakan bahwa ketertarikannya untuk mengembangkan kajian hadis berbasis IT didasari oleh rasa iri terhadap ulama-ulama dulu, seperti Imam Nawawi, Imam Bukhari, Imam Muslim dan lain-lain. “Saya iri dalam artian positif kepada mereka karena pahala mereka ini ngalir terus walaupun mereka udah meninggal dunia,” ujar alumnus program master di Universitas Amman Yordania itu.

Oleh karena itu, Lutfi bersama timnya mengembangkan pendekatan yang lebih mudah, menarik dan menyenangkan. Bahkan, ujar Lutfi, di tempat mengajarnya, minat calon mahasiswa meningkat cukup signifikan dengan adanya pendekatan IT.

Lutfi setidaknya telah menerbitkan 25 karya, di antaranya CD/DVD interaktif Selangkah Lagi Anda Masuk Surga, CD/DVD Interaktif al-Quran al-Hadi, CD/DVD Interaktif Potret Pribadi dan Kehidupan Rasulullah, DVD Belajar Interaktif Hadis dan Ilmu Hadis, Sahih Bukhari: Terjemah dan Takhrij Interaktif dan lain-lain.

Di sela-sela kegiatan, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Prof Dr H Syaifuddin Sabda MA mengatakan bahwa ide untuk mengundang narasumber pada hari ini terinspirasi dari Forum Rektor PTAIN yang diadakan beberapa waktu lalu di Bogor. “Narasumber membawa pendekatan berbeda dalam pendekatan kajian hadis dan kajian keislaman secara umum,” ucap Syaifuddin.

Bahkan Syaifuddin berkeinginan agar sebagai tindak lanjut dari kegiatan, dapat diikat semacam kerjasama kelembagaan untuk membuat aplikasi-digital karya-karya lain. Dengan begitu kita dapat meningkatkan kualitas penelitian dan pengembangan keilmuan di lingkungan IAIN Antasari.

Terkait itu, Ahmad Lutfi Fathullah menandaskan bahwa pihaknya sangat terbuka dalam menjalin kerjasama. Yang paling penting, tambah Lutfi, adalah niat karena Allah SWT. Dengan niat ini, ujarnya, masalah pendanaan dan yang lainnya akan dimudahkan.

Selain itu, Lutfi menekankan bahwa kajian hadis sangatlah prospektif.  “Siapa bilang anak jurusan Tafsir Hadis itu punya masa depan suram. Saya contohnya (yang cukup berhasil sebagai alumni Tafsir Hadis, red),” pungkas Lutfi.

Sebelumnya, Lutfi Fathullah juga menyampaikan kajian terkait pemahaman sunnah sesuai dengan konteksnya dalam Forum Kajian Eksekutif Keagamaan, Rabu (27/8) di Aula Bank Kalsel. Forum ini merupakan hasil kerjasama antara IAIN Antasari dan Bank Kalsel yang telah berjalan sekitar sepuluh tahun.

  • KOMENTARI
  • DISKUSIKAN
  • TULISAN LAINNYA
  • TERPOPULER
  • BERITA LPM SUKMA
Gagasan UIN di Mulai Sejak 12 Tahun Silam
Diposting pada lembaga pers tanggal 20 April 2017 pukul 10:51 pm

google.comProses Perubahan Terhitung sejak tanggal 3 April lalu IAIN telah sah beralih status menjadi UIN Antasari. Peralihan status ini tidak serta merta tanpa melalui proses yang panjang. …

Ilma Mahdiya Raih Gelar Wisudawati Terbaik
Diposting pada lembaga pers tanggal 20 April 2017 pukul 10:39 pm

Ilma Ilma Mahdiya mahasiswi Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam dinobatkan sebagai wisudawati lulusan terbaik pada wisuda perdana pasca peralihan status IAIN menjadi UIN …

437 Mahasiswa Telah di Wisuda
Diposting pada lembaga pers tanggal 20 April 2017 pukul 8:09 pm

Google.comTahun ini,  setidaknya ada 437 mahasiswa yang telah di wisuda pada Selasa 18 April 2017 lalu. Ahmad Syaikhu, kepala Humas Rektorat mengaku bahwa jumlah wisudawan dan wisudawati tahun …

To Top