Powered by Translate
Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SPAN dan UM-PTKIN 2016
Hasil Ujian Tes CAT — 09/11/2016 pukul 12:00am
Kepegawaian — 08/11/2016 pukul 3:52pm
Register PNS IAIN Antasari 2015 — 10/09/2015 pukul 3:48am
Bimtek PAK Dosen 2015 — 27/05/2015 pukul 12:09am
DATA STATISTIK OKH — 11/05/2015 pukul 6:14am
PERATURAN DISIPLIN PNS — 14/04/2015 pukul 12:56am
UNDANGAN PENGARAHAN CPNS DOSEN 2014 — 27/03/2015 pukul 9:58am
IAIN Luluskan Doktor Pertama
Filed Under: Rilis Berita Selasa, 14 April 2015 pukul 05:37 WITA — Dilihat 1,496 kali
Bagikan Tulisan Ini
IMG_1062

Pascasarjana IAIN Antasari menorehkan sejarah baru dengan mencetak doktor untuk kali pertama, Selasa (14/4/2015). Doktor baru tersebut adalah H. Abdul Basir yang berhasil mempertahankan disertasi dengan mendapat pujian (cumlaude) meraih nilai 3,75.

“Ini merupakan hari yang bersejarah bagi IAIN Antasari. Keberhasilan Pascasarjana (S3) Program Studi Pendidikan Agama Islam mencetak doktor sekaligus upaya memberikan sumbangsih untuk dunia pendidikan tinggi,” ujar Direktur Pascasarjana IAIN Antasari Prof. Dr. H. Mahyuddin Barni, M.Ag

Rektor IAIN Antasari Prof. Dr. H. Akh. Fauzi Aseri, MA memberikan ucapan selamat kepada H Abdul Basir yang sehari-hari sebagai Pengajar di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Antasari. “Selamat bagi promovendus yang telah berhasil mencapai jenjang keilmuan tertinggi dan lulus dengan predikat pujian, hal itu menunjukkan kualitas keilmuan promovendus,’’ tuturnya.

Fauzi Aseri menambahkan “kelulusan pertama Program Doktor Pendidikan Agama Islam diharapkan memotivasi mahasiswa Pascasarjana IAIN Antasari Banjarmasin agar menyelesaikan studi tepat waktu dan meraih prestasi tertinggi serta bisa memberikan sumbangan pemikiran untuk perkembangan Pendidikan agama Islam dan masyarakat luas”.

Abdul Bashir yang juga pengasuh Pondok tahfiz al-Amanah itu dianggap menguasai permasalahan yang diangkat dalam disertasinya meskipun dicecar dengan beragam pertanyaan saat mempertahankan riset berjudul ”Model Pendidikan Keluarga Menurut Alquran (Studi Surat Ali Imran dan Luqman)”.

Ujian disertasi menjadi ajang untuk mengupas pemikiran pria kelahiran Anjir itu. Tim penguji terdiri atas Prof. Dr. H. Akh. Fauzi Aseri, MA (ketua), Prof. Dr. H. Imam Bawani, MA (Penguji Tamu), Prof. Dr. H. Kamrani Buseri, MA dan Prof. Dr. H. Ahmad Fahmy Arief, MA (Penguji Utama), Prof. Dr.H. Abdullah Karim, M.Ag dan Dr. H. Burhanuddin Abdullah,M. Ag (Penguji). Penelitian tersebut menjelaskan tafsir pendidikan dalam Surah Ali Imran diinterpetasikan bahwa pendidikan keluarga Imran lebih menggambarkan kepada model pendidikan pra-natal, sedangkan pendidikan Luqman terhadap anaknya menggambarkan model pendidikan keluarga post-natal.

Promovendus dalam ringkasan disertasinya mengusulkan kepada pemerintah untuk membentuk direktorat jenderal pendidikan informal yang membidangi pendidikan keluarga secara nasional, sehingga pendidikan keluarga tidak berjalan secara kodrati dan alami saja, melainkan diarahkan secara resmi dan tegas sebagai bagian integral untuk mencapai tujuan Pendidikan Nasional. kemudian, khususnya Fakultas Tarbiyah dan Keguruan di lingkungan UIN, IAIN, atau PTAIN/PTAI lainnya mengembangkan program studi yang berkonsentrasi pada pendidikan informal. Seperti Program Pendidikan Guru Informal (PPGI) untuk mencetak guru-guru guna mendidik para orang tua dalam pendidikan keluarga, sehingga mata rantai pendidikan pra-natal dan post-natal berjalan secara kontinu dan integral.

  • KOMENTARI
  • DISKUSIKAN
  • TULISAN LAINNYA
  • TERPOPULER
  • BERITA LPM SUKMA
Humas IAIN Antasari Banjarmasin says:

Alhamdulillah.

Mengukur Setahun Kinerja DEMA "Ihsan-Alif : 48% Kurang Puas
Diposting pada lembaga pers tanggal 17 Januari 2017 pukul 4:37 pm

B-Sukma- Tak tanggung-tangung, DEMA IAIN Antasari di bawah Komando Ihsan-Alif merencanakan ada 38 program kerja sejak awal terbentuknya, dan akan dilaksanakan selama masa jabatan periode 2016-2017. …

Kegiatan Kreatif MAPALA Meratus Melalui Hidroponik
Diposting pada lembaga pers tanggal 10 Januari 2017 pukul 11:02 am

B-Sukma, Selasa (10/01) Bagi sebaian Mahasiswa IAIN Antasari yang melintas di sekitar gedung Student Center tentu tak asing lagi melihat beberapa tanaman seperi Sawi, Kangkung, Tomat, Lombok, Terong …

Perubahan Layanan Perpustakaan IAIN Antasari
Diposting pada lembaga pers tanggal 10 Januari 2017 pukul 10:53 am

B-Sukma Selasa  (10/01/2017) Perpustakan merupakan jembatan menuju penguasaan ilmu pengetahuan dan akses informasi lainya. Sebagai mahasiswa tentu perpustakaa merupakan tempat sering dikunjungi. …

To Top