Powered by Translate
Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SPAN dan UM-PTKIN 2017
Hasil Ujian Tes CAT — 09/11/2016 pukul 12:00am
Kepegawaian — 08/11/2016 pukul 3:52pm
Register PNS IAIN Antasari 2015 — 10/09/2015 pukul 3:48am
Bimtek PAK Dosen 2015 — 27/05/2015 pukul 12:09am
DATA STATISTIK OKH — 11/05/2015 pukul 6:14am
PERATURAN DISIPLIN PNS — 14/04/2015 pukul 12:56am
UNDANGAN PENGARAHAN CPNS DOSEN 2014 — 27/03/2015 pukul 9:58am
Prof Fauzi: Insya Allah, arah pengembangan PTAI lebih baik lagi
Filed Under: Antasari News Selasa, 25 Februari 2014 pukul 02:52 WITA — Dilihat 818 kali
Bagikan Tulisan Ini

Prof Dr H Akh Fauzi Aseri MA selaku Koordinator Kopertais Wilayah XI Kalimantan menyampaikan tiga pokok utama rencana strategis pengembangan PTAI secara nasional.

Hal itu terungkap ketika ia menyampaikan sambutan pada Wisuda ke-3 STAI Sangatta Kutai Timur, Rabu (12/2), di gedung serba guna Bukit Pelangi.

Prof Fauzi menyampaikan bahwa renstra yang pertama adalah peningkatan akses masyarakat terhadap pendidikan tinggi agama Islam. ”Tahun 2014, secara nasional kita mentargetkan dapat merekrut 151.147 orang mahasiswa baru. Ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi kita semua.” Target ini, menurut Prof Fauzi, memberi pesan bagi perguruan tinggi agama Islam agar dapat meningkatkan rekrutmen mahasiswa baru pada tahun ini. ”Itu berarti kita seluruh perguruan tinggi agama Islam di lingkungan Kopertais Kalimantan, memiliki tantangan untuk setidaknya dapat merekrut setidaknya 12 ribu mahasiswa baru dalam dua semester mendatang,” tukas Rektor IAIN Antasari Banjarmasin itu.

Upaya untuk meningkatkan in put mahasiswa ini disinyalir bakal dihadang oleh banyak rintangan dan cobaan, salah satunya adalah masih minimnya jumlah dosen serta terbatasnya sarana dan prasarana. ”Namun saya kira fokus kita jangan kepada rintangan, namun harus kepada kesempatan yang boleh jadi muncul dari rintangan itu sendiri. Saya yakin, dengan tekad untuk meningkatkan kapasitas institusi, kita dapat meningkatkan penerimaan mahasiswa baru pada tahun ini,” kata Prof Fauzi.

Pada saat yang sama, untuk meningkatkan akses masyarakat ini, Kopertais akan terus mendorong adanya gerakan dari masing-masing PTAI untuk meningkatkan kemampuan bidang teknologi terkait pengelolaan pendidikan seperti e-learning, e-journal dan digital library.

Pokok kedua dalam rencana strategis pengembangan ptai yang ditetapkan adalah  peningkatan mutu perguruan tinggi. Hemat Prof Fauzi, peningkatan mutu perguruan tinggi agama Islam ini sangat berkaitan dengan empat komponen, yaitu peningkatan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia di PTAI, peningkatan mutu penelitian dan pengabdian, peningkatan sistem penjaminan mutu, dan peningkatan infrastruktur/sarana prasarana.

Pokok strategis yang ketiga, lanjut Prof Fauzi, adalah perguruan tinggi agama Islam diarahkan untuk meningkatkan tata kelola, akuntabilitas dan citra/maruah kelembagaannya.

Menurut Prof Fauzi, teori serta pengalaman beberapa perguruan tinggi yang diakui menunjukkan bahwa pokok ketiga ini sangat ditentukan oleh tiga langkah, yakni peningkatan kerjasama dengan perguruan tinggi lain, masyarakat dan stakeholders, peningkatkan kualitas sdm di bidang administrasi perguruan tinggi, dan standarisasi pelayanan yang prima. ”Dengan memperhatikan tiga pokok strategis di atas yaitu peningkatan akses, peningkatan mutu, dan peningkatan tata kelola, insya allah arah pengembangan perguruan tinggi agama Islam kita dapat lebih baik lagi,” ucap Prof Fauzi. (Hikam).

 

 

  • KOMENTARI
  • DISKUSIKAN
  • TULISAN LAINNYA
  • TERPOPULER
  • BERITA LPM SUKMA
WANITA BERTASBIH
Diposting pada lembaga pers tanggal 9 September 2017 pukul 2:51 pm

Wanita berjubah hitam di wajahnya, selalu membawa ibadah dan doa setiap langkahnya. Ada lelaki di dalam doanya, dan ibadah adalah nafas dari perjalanan setiap penantiannya.***Suatu ketika cuaca …

Dema Uin Antasari Gelar Aksi Peduli Rohingya
Diposting pada lembaga pers tanggal 7 September 2017 pukul 2:12 pm

DEMA UIN Antasari berhasil mengantongi uang sebesar  7.501.000 rupiah dari perolehan aksi yang diselenggarakan pada Kamis pagi, (07/09) di taman hijau (tajau) kampus.  Kegiatan bertajuk …

PERKENALAN UKM/UKK DI PBAK KURANG EFEKTIF
Diposting pada lembaga pers tanggal 30 Agustus 2017 pukul 1:22 pm

Tidak adanya jadwal rolling dalam perkenalan UKM/UKK di PBAK (Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan) tahun ini membuat beberapa UKM kecewa. Mereka yang kecewa menilai UKMnya kurang maksimal …

To Top